11 Februari 2008

Apa itu komputer ?

Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisiskan terminologi komputer, diantaranya ...


Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi inp digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :

- menerima input

- memproses input sesuai dengan programnya

- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan

- menyediakan output dalam bentuk informasi

Sedangkan Fouri, komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan opersi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan Sistem Komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari Hardware, Software dan Brainware.

JADI :

Sistem Komputer terdiri dari 3 elemen yaitu Hardware, Software dan Brainware. Dimana ketiga elemen ini harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan.

Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

1. Hardware atau Perangkat Keras : peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah.

2. Software atau Perangkat Lunak : program yang berisi instruksi / perintah untuk melakukan pengolahan data.

3. Brainware : manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.

Download Selengkapnya